KULINER
DAN STIKER
PERENCANAAN
USAHA
DI
SUSUN OLEH :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
RIZQI
YULIARTA
HAFIZAH
SULISTIAN
AGUNG
AL ARIF
YOSIE
KUSUMAYADI
IMAN
SRIWAHYUDI
FITER
YANSEN
ROY
BETESDA
ROBI
DANIEL
RENALDO
|
UBSI PSDKU PONTIANAK
TAHUN AKADEMIK 2018/2019
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami
panjatkan kepada Tuhan YME karena berkat rahmat dan karunianyalah kami dapat
menyelesaikan penulisan perencanaan usaha ini. Tujuan penulisan rencana usaha
ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk melengkapi tugas mata kuliah
Entrepreneurship UBSI PSDKU PONTIANAK semester 1 jurusan Sistem Informasi.
Dalam kesempatan kali ini
kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak
:
·
Orang tua kami yang telah memberikan
dukungan baik moril maupun materi.
·
Bapak DediSaputra, S. Pd. M. Kom selaku
direktur UBSI PSDKU PONTIANAK.
·
Ibu Verawati S. Fil. I M.Pd selaku dosen
Entrepreneurship yang telah membimbing dan memberikan arahan kepada kelompok
kami untuk menyelesaikan rencana usaha ini.
·
Tim penyusun rencana usaha ini yang telah
bekerja sama menyelesaikan tugas ini dengan baik.
Kami dari tim penyusun
menyadari keterbatasan kemampuan dalam menyusun rencana usaha ini. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan. Semoga rencana usaha
ini dapat diwujudkan dimasa yang akan dating.
Pontianak, 13 Oktober 2018
Penyusun
A.
LATAR
BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka
ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga
sampai dari yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas
yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan
yang bermanfaat. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah
beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional yang khas
Indonesia dan juga harga yang ditawarkan juga terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat
cocok menjadi makanan atau snack konsumsi untuk hari-hari santai dan liburan,
dan sekaligus merupakan makan yang cukup istimewa adalah “Kerupuk Basah”,
makanan khas yang berasal dari suatu daerah di Indonesia yaitu di Kapuas Hulu.
Pembuatannya dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis
serta ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tentunya hal ini akan
menarik banyak peminat untuk membelinya.
Keberadaan kerupuk basah sebagai salah satu makanan tradisional
Indonesia (khususnya Kapuas Hulu) memiliki rasa yang kenyal, pedas, dan juga
manis tersebut kami rasa sangat cocok untuk dikembangkan dan dipromosikan di
lingkungan kampus BSI dan kemudian membuat usaha ini layak untuk dikembangkan
menjadi salah satu usaha kuliner.
Namun, jika hanya makanan dengan rasa yang unik saja kami rasa itu
tidaklah cukup. Makanan tidaklah lengkap jika tidak menghadirkan minuman. Untuk
itu kami juga akan menawarkan minuman yang enak, baik bagi tubuh, manis, dan
tentunya menyegarkan. MInuman tersebut adalah “Es Kelapa”, dalam siang hari
yang memiliki suhu yang cukup menggerahkan, es kelapa sangatlah cocok untuk dikonsumsi karena sangat menyegarkan.
Selain makanan dan minuman, kami juga menawarkan produk lain yang
tidak berhubungan dengan kuliner. Kami melihat sekarang banyak yang menghiasi
benda-benda pribadinya seperti laptop, helm, handphone, dan barang lainnya
dengan stiker. Hal tersebut dilakukan entah untuk sebagai hiasan saja atau
sebgai tanda untuk mengenali bahwa barang tersebut adalah miliknya. Untuk itu
kami juga menawarkan “Stiker” dengan desain yang simple namun menarik.
Dengan melihat potensi atau kelebihan dari usaha yang kami
rencanakan, maka kami ingin membuat usaha seperti yang telah kami sebutkan di
atas untuk dikembang menjadi usaha di kelompok entrepreneurship kami.
B.
VISI
DAN MISI
Visi :
·
Memperkenalkan
makanan cita rasa daerah kepada masyarakat luas.
·
Kedepannya
dapat meluaskan lapangan pekerjaan.
·
Mendapatkan
kepercayaan penuh dari pelanggan.
·
Menjadikan
kepuasan pelanggan sebagai yang utama.
·
Berharap
kedepannya dapat mendonasikan sebagian laba yang didapatkan kepada yang
membutuhkan.
Misi :
·
Meningkatkan
promosi stiker dan kerupuk basah melalui media online maupun dengan media promosi
lain.
·
Menggunakan
tenaga kerja dan bahan pokok dari daerah.
·
Menjaga
dan meningkatkan kualitas dari produk yang ditawarkan.
·
Memberikan
pelayanan terbaik kepada pelanggan.
·
Kedepannya
akan bekerja sama dengan lembaga social dalam menyalurkan bantuan kepada yang
membutuhkan.
C.
DESKRIPSI PRODUK
1.
Kerupuk Basah
Manfaat kerupuk basah
Makanan
ini mengandung omega3,asam amino,serta vitamin A,B dan D dari ikan dan
karbohidrat dari tepung. Cocok untuk dijadikan bahan makanan anak dan remaja
untuk perkembangan otak daan otot.
Bahan-bahan yang digunakan
-
Tepung Kanji
-
Bawang Putih
-
Air Putih
-
Daging ikan air tawar
-
Garam
Cara pembuatan
1.
1-2 kilogram daging ikan
yang sudah dimesin.
2.
Campurkan dengan tepung
kanji atau sagu sekitar 500 gram.
3.
Tuangkan air putih kurang
lebih 4-5 gelas.
4.
Campurkan juga garam
secukupnya.
5.
Barulah diaduk sampai
merata hingga kenyal.
6.
Setelah itu digulung
berbentuk memancang.
7.
Terus dimasukan ke dalam
air mendidih yang sedang dimasak Diamkan sampai 30-50 menit, hingga kerupak
basah tersebut mengapung barulah. Itu tandanya adalah sudah matang, dan sudah
siap disantap.
2.
Es Kelapa Muda
Manfaat es Kelapa Muda
Seperi
yang kita ketahui, air kelapa ini sangat baik bagi tubuh kita. Ini ternyata
disebabkan kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari vitamin C, asam
nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat.
Air
kelapa ini sendiri dikenal mampu
melegakan tenggorokan yang dehidrasi, menurunkan berat badan , menetralisir
racun di tubuh ,menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan jantung ,menjaga
kesehatan ginjal,sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin, meningkatkan
vitalitas pada pria, membuat kulit menjadi mulus, dan sebagai obat penyakit
demam.
Bahan-bahan
-
Kelapa muda
-
Gula
-
Es
Cara pembuatan
·
Pindahkan air kelapa muda
kedalam wadah
·
Belah kelapa dan keruk daging
buahnya kemudian masukkan kedalam wadah airnya
·
Tambahkan gula secukupnya
·
Berikan es
3.
Stiker
Manfaat stiker
Dapat
berfungsi sebagai dunia hiburan (souvenir konser atau even, perkumpulan
komunitas, mainan anak-anak) maupun bisnis (lebel produk, promosi produk,
promosi pilkada atau pemilu),semua sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari
sang pembuat stiker tersebut.
D.
STRUKTUR ORGANISASI
E.
SASARAN
Sasaran
dari usaha kami adalah :
·
Masyarakat sekitar.
·
Masyarakat Luas (yang melintasi
tempat usaha kami).
F.
CAKUPAN PELUANG USAHA
Cakupan
peluang usaha kami ialah :
·
Dosen dan Mahasiswa di
lingkungan kampus BSI.
·
Pelanggan disekitaran
kota Pontianak.
·
Konsumen dari berbagai
kalangan dan usia.
·
Masyarakat luas, yang
berlalu lalang disekitar tempat usaha.
G.
ANALISA SWOT
Sesuai dengan pembelajaran entrepreneurship, kita mengenal
analisis SWOT yaitu strenght, Weakness, Opportunity, dan Treath yang kami
uraikan sebagai berikut :
1.
Strenght (Kekuatan)
a.
Kualitas yang terjamin,
makanan dan minuman tidak menggunakan bahan kimia dan pengawat yang akan
meninggalkan efek samping pada tubuh. Serta bahan stiker yang digunakan
berkualitas.
b.
Tekstur dan rasa kerupuk
basar yang unik dan juga enak, es kelapa muda yang menyegarkan, dan desain stiker
yang menarik.
c.
Harga yang terjangkau.
2.
Weakness (Kelemahan)
a.
Kerupuk basah dan es
kelapa muda merupakan produk yang tidak tahan lama.
b.
Selera konsumen yang
berbeda-beda terhadap desain stiker.
3.
Treath (Ancaman)
a.
Kemampuan pemasok dalam
menyiapkan jumlah produk yang diminta.
b.
Adanya pihak lain yang
meniru usaha serupa.
H.
STRATEGI PEMASARAN
1.
Profil konsumen yang dituju
Kerupuk basah memiliki tekstur dan rasa yang unik dan enak
sehingga banyak yang menyukai makanan
ini. Terutama bagi pecinta makanan berbahan dasar ikan.
Es kelapa muda selain sangat enak dan menyegarkan juga dapat
mengembalikan tenaga yang terpakai ketika beraktivitas, hal ini menyebabkan
banyak yang menyukai es kelapa. Terutama para remaja yang memiliki banyak
aktivitas yang meguras tenaga.
Stiker yang kami
tawarkan meiliki desain yang simple namun menarik, sehingga sangat cocok untuk
diaplikasikan ke berbagai benda pribadi. Remaja yang senang menghiasi
barang-barang mereka dengan stiker akan sangat menyukai desain kami.
2.
Kondisi Pesaing
Di lingkungan kampus BSI belumlah ada yang melakukan usaha
yang sama seperti kami. Hal ini akan menjadi peluang besar bagi kami.
3.
Produk
·
Kerupuk basah khas kapuas
hulu
·
Es kelapa muda
·
Stiker
4.
Harga Produk
·
Kerupuk basah Rp. 6.000,-
·
Es kelapa muda Rp. 5.000,-
·
Stiker Rp. 5.000.-
5.
Tempat atau Lokasi Usaha
Kami akan mulai memasarkan produk kami di lingkunagn kampus
BSI dan jika usaha kami telah berkembang dengan baik kami akan menyewa tempat
yang strategis yang dekat pusat keramain orang, namun tetap menjamin
kebersihannya.
6.
Promosi
·
Kami akan melakukan
promosi dengan memanfaat social media yang ada saat ini.
·
Memberikan pelayanan
terbaik kepada konsumen sehingga percaya pada produk kami.
·
Pengemasan yang menarik.
7.
Sistem distribusi
·
Usaha kami menerima pesan
antar dalam jumlah tertentu.
·
Eceran, yaitu menerima
pembelian jumlah sedikit.
I.
RENCANA ANGGARAN
1.
Perkiraan Modal
No.
|
Deskripsi
|
Harga
|
1.
|
Kerupuk Basah
|
Rp. 120.000,-
|
2.
|
Stiker
|
Rp. 80.000,-
|
3.
|
Kelapa
|
Rp. 30.000,-
|
4.
|
Lain-Lain
|
Rp. 100.000,-
|
|
Total
|
Rp. 320.000,-
|
2.
Perkiraan Keuntungan
No.
|
Definisi
|
Keuntungan
|
1.
|
Kerupuk basah
|
Rp.
60.000,-
|
2.
|
Stiker
|
Rp. 100.000,-
|
3.
|
Es Kelapa
|
Rp.
60.000,-
|
|
Total
|
Rp. 220.000,-
|
J.
LAMPIRAN
K.
Kesimpulan
Usaha ini mempunyai peluang yang cukup besar dan akan
mendatangkan keuntungan yang besar pula. Dengan adanya proposal ini juga dapat
mrnjadi tolak ukur bagi kami dalam menjalankan usaha ini. Usaha ini juga
ditujukan untuk membantu pemeruintah dalam mengurangi pengangguran serta
diupayakan untuk meningkatkan pendapatan perkapitanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Gunakan bahasa yang sopan please :)