Minggu, 24 Maret 2019

KULINER DAN STIKER PERENCANAAN USAHA


KULINER DAN STIKER
PERENCANAAN USAHA



DI SUSUN OLEH :

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
RIZQI YULIARTA
HAFIZAH
SULISTIAN
AGUNG AL ARIF
YOSIE KUSUMAYADI
IMAN SRIWAHYUDI
FITER YANSEN
ROY BETESDA
ROBI DANIEL
RENALDO


UBSI PSDKU PONTIANAK
 TAHUN AKADEMIK 2018/2019

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena berkat rahmat dan karunianyalah kami dapat menyelesaikan penulisan perencanaan usaha ini. Tujuan penulisan rencana usaha ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk melengkapi tugas mata kuliah Entrepreneurship UBSI PSDKU PONTIANAK semester 1 jurusan Sistem Informasi.
Dalam kesempatan kali ini kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak :
·            Orang tua kami yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materi.
·            Bapak DediSaputra, S. Pd. M. Kom selaku direktur UBSI PSDKU PONTIANAK.
·            Ibu Verawati S. Fil. I M.Pd selaku dosen Entrepreneurship yang telah membimbing dan memberikan arahan kepada kelompok kami untuk menyelesaikan rencana usaha ini.
·            Tim penyusun rencana usaha ini yang telah bekerja sama menyelesaikan tugas ini dengan baik.
Kami dari tim penyusun menyadari keterbatasan kemampuan dalam menyusun rencana usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan. Semoga rencana usaha ini dapat diwujudkan dimasa yang akan dating.


Pontianak, 13 Oktober 2018


                                                                                                                           Penyusun



A.             LATAR BELAKANG
   Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai dari yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional yang khas Indonesia dan juga harga yang ditawarkan juga terlalu mahal.
   Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan atau snack konsumsi untuk hari-hari santai dan liburan, dan sekaligus merupakan makan yang cukup istimewa adalah “Kerupuk Basah”, makanan khas yang berasal dari suatu daerah di Indonesia yaitu di Kapuas Hulu. Pembuatannya dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis serta ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tentunya hal ini akan menarik banyak peminat untuk membelinya.
   Keberadaan kerupuk basah sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia (khususnya Kapuas Hulu) memiliki rasa yang kenyal, pedas, dan juga manis tersebut kami rasa sangat cocok untuk dikembangkan dan dipromosikan di lingkungan kampus BSI dan kemudian membuat usaha ini layak untuk dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner.
   Namun, jika hanya makanan dengan rasa yang unik saja kami rasa itu tidaklah cukup. Makanan tidaklah lengkap jika tidak menghadirkan minuman. Untuk itu kami juga akan menawarkan minuman yang enak, baik bagi tubuh, manis, dan tentunya menyegarkan. MInuman tersebut adalah “Es Kelapa”, dalam siang hari yang memiliki suhu yang cukup menggerahkan, es kelapa sangatlah cocok  untuk dikonsumsi karena sangat menyegarkan.
   Selain makanan dan minuman, kami juga menawarkan produk lain yang tidak berhubungan dengan kuliner. Kami melihat sekarang banyak yang menghiasi benda-benda pribadinya seperti laptop, helm, handphone, dan barang lainnya dengan stiker. Hal tersebut dilakukan entah untuk sebagai hiasan saja atau sebgai tanda untuk mengenali bahwa barang tersebut adalah miliknya. Untuk itu kami juga menawarkan “Stiker” dengan desain yang simple namun menarik.
   Dengan melihat potensi atau kelebihan dari usaha yang kami rencanakan, maka kami ingin membuat usaha seperti yang telah kami sebutkan di atas untuk dikembang menjadi usaha di kelompok entrepreneurship kami.


B.           VISI DAN MISI

Visi :
·               Memperkenalkan makanan cita rasa daerah kepada masyarakat luas.
·               Kedepannya dapat meluaskan lapangan pekerjaan.
·               Mendapatkan kepercayaan penuh dari  pelanggan.
·               Menjadikan kepuasan pelanggan sebagai yang utama.
·               Berharap kedepannya dapat mendonasikan sebagian laba yang didapatkan kepada yang membutuhkan.

Misi :
·               Meningkatkan promosi stiker dan kerupuk basah melalui media online maupun dengan media  promosi  lain.
·               Menggunakan tenaga kerja dan bahan pokok dari daerah.
·               Menjaga dan meningkatkan kualitas dari produk yang ditawarkan.
·               Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
·               Kedepannya akan bekerja sama dengan lembaga social dalam menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan.


C.              DESKRIPSI PRODUK

1.               Kerupuk Basah
Manfaat kerupuk basah
Makanan ini mengandung omega3,asam amino,serta vitamin A,B dan D dari ikan dan karbohidrat dari tepung. Cocok untuk dijadikan bahan makanan anak dan remaja untuk perkembangan otak daan otot.

Bahan-bahan yang digunakan
-                Tepung Kanji
-                Bawang Putih
-                Air Putih
-                Daging ikan air tawar
-                Garam

Cara pembuatan
1.            1-2 kilogram daging ikan yang sudah dimesin.
2.            Campurkan dengan tepung kanji atau sagu sekitar 500 gram.
3.            Tuangkan air putih kurang lebih 4-5 gelas.
4.            Campurkan juga garam secukupnya.
5.            Barulah diaduk sampai merata hingga kenyal.
6.            Setelah itu digulung berbentuk memancang.
7.            Terus dimasukan ke dalam air mendidih yang sedang dimasak Diamkan sampai 30-50 menit, hingga kerupak basah tersebut mengapung barulah. Itu tandanya adalah sudah matang, dan sudah siap disantap.


2.            Es Kelapa Muda
Manfaat es Kelapa Muda
Seperi yang kita ketahui, air kelapa ini sangat baik bagi tubuh kita. Ini ternyata disebabkan kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat.
Air kelapa ini sendiri  dikenal mampu melegakan tenggorokan yang dehidrasi, menurunkan berat badan , menetralisir racun di tubuh ,menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan jantung ,menjaga kesehatan ginjal,sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin, meningkatkan vitalitas pada pria, membuat kulit menjadi mulus, dan sebagai obat penyakit demam.

Bahan-bahan
-                Kelapa muda
-                Gula
-                Es

Cara pembuatan
·               Pindahkan air kelapa muda kedalam wadah
·               Belah kelapa dan keruk daging buahnya kemudian masukkan kedalam wadah airnya
·               Tambahkan gula secukupnya
·               Berikan es

3.            Stiker
Manfaat stiker
Dapat berfungsi sebagai dunia hiburan (souvenir konser atau even, perkumpulan komunitas, mainan anak-anak) maupun bisnis (lebel produk, promosi produk, promosi pilkada atau pemilu),semua sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari sang pembuat stiker tersebut.


D.           STRUKTUR ORGANISASI








E.           SASARAN
Sasaran dari usaha kami adalah :
·               Masyarakat sekitar.
·               Masyarakat Luas (yang melintasi tempat usaha kami).


F.           CAKUPAN PELUANG USAHA
Cakupan peluang usaha kami ialah :
·               Dosen dan Mahasiswa di lingkungan kampus BSI.
·               Pelanggan disekitaran kota Pontianak.
·               Konsumen dari berbagai kalangan dan usia.
·               Masyarakat luas, yang berlalu lalang disekitar tempat usaha.


G.           ANALISA SWOT
Sesuai dengan pembelajaran entrepreneurship, kita mengenal analisis SWOT yaitu strenght, Weakness, Opportunity, dan Treath yang kami uraikan sebagai berikut :
1.            Strenght (Kekuatan)
a.             Kualitas yang terjamin, makanan dan minuman tidak menggunakan bahan kimia dan pengawat yang akan meninggalkan efek samping pada tubuh. Serta bahan stiker yang digunakan berkualitas.
b.            Tekstur dan rasa kerupuk basar yang unik dan juga enak, es kelapa muda yang menyegarkan, dan desain stiker yang menarik.
c.             Harga yang terjangkau.
2.            Weakness (Kelemahan)
a.             Kerupuk basah dan es kelapa muda merupakan produk yang tidak tahan lama.
b.            Selera konsumen yang berbeda-beda terhadap desain stiker.
3.            Treath (Ancaman)
a.             Kemampuan pemasok dalam menyiapkan jumlah produk yang diminta.
b.            Adanya pihak lain yang meniru usaha serupa.



H.           STRATEGI PEMASARAN
1.            Profil konsumen yang dituju
Kerupuk basah memiliki tekstur dan rasa yang unik dan enak sehingga  banyak yang menyukai makanan ini. Terutama bagi pecinta makanan berbahan dasar ikan.
Es kelapa muda selain sangat enak dan menyegarkan juga dapat mengembalikan tenaga yang terpakai ketika beraktivitas, hal ini menyebabkan banyak yang menyukai es kelapa. Terutama para remaja yang memiliki banyak aktivitas yang meguras tenaga.
 Stiker yang kami tawarkan meiliki desain yang simple namun menarik, sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai benda pribadi. Remaja yang senang menghiasi barang-barang mereka dengan stiker akan sangat menyukai desain kami.

2.            Kondisi Pesaing
Di lingkungan kampus BSI belumlah ada yang melakukan usaha yang sama seperti kami. Hal ini akan menjadi peluang besar bagi kami.

3.            Produk
·               Kerupuk basah khas kapuas hulu
·               Es kelapa muda
·               Stiker

4.            Harga Produk
·               Kerupuk basah    Rp. 6.000,-
·               Es kelapa muda   Rp. 5.000,-
·               Stiker                   Rp. 5.000.-

5.            Tempat atau Lokasi Usaha
Kami akan mulai memasarkan produk kami di lingkunagn kampus BSI dan jika usaha kami telah berkembang dengan baik kami akan menyewa tempat yang strategis yang dekat pusat keramain orang, namun tetap menjamin kebersihannya.




6.            Promosi
·               Kami akan melakukan promosi dengan memanfaat social media yang ada saat ini.
·               Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga percaya pada produk kami.
·               Pengemasan yang menarik.

7.            Sistem distribusi
·               Usaha kami menerima pesan antar dalam jumlah tertentu.
·               Eceran, yaitu menerima pembelian jumlah sedikit.


I.             RENCANA ANGGARAN
1.            Perkiraan Modal

No.
Deskripsi
Harga
1.
Kerupuk Basah
Rp. 120.000,-
2.
Stiker
Rp. 80.000,-
3.
Kelapa
Rp. 30.000,-
4.
Lain-Lain
Rp. 100.000,-

Total
Rp. 320.000,-


2.            Perkiraan Keuntungan
No.
Definisi
Keuntungan
1.
Kerupuk basah
Rp.  60.000,-
2.
Stiker
Rp. 100.000,-
3.
Es Kelapa
Rp.  60.000,-

Total
Rp. 220.000,-









                          


J.            LAMPIRAN



K.          Kesimpulan
Usaha ini mempunyai peluang yang cukup besar dan akan mendatangkan keuntungan yang besar pula. Dengan adanya proposal ini juga dapat mrnjadi tolak ukur bagi kami dalam menjalankan usaha ini. Usaha ini juga ditujukan untuk membantu pemeruintah dalam mengurangi pengangguran serta diupayakan untuk meningkatkan pendapatan perkapitanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan please :)