MAKALAH
LOGIKA
DAN ALGORITMA
“METODE
GREEDY”
Dosen
Pengampu:
Rabiatul
Adwiya
DISUSUN
OLEH :
KELOMPOK 6
1.
Fitrianisa
Indah
12182388
2.
Rizqi
Yuliarta 12184867
3.
Hafizah 12182290
4.
Gita
Andini 12182121
5.
FahrurRazi 12182488
6.
Asrul
Arpan Lubis 12182432
7.
Ryan
Fardhiansyah 12182489
12.1B.30
SISTEM
INFORMASI
UBSI
PSDKU PONTIANAK
2018
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT
yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang. Kami panjatkan puji syukur
kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-NyA kepada
kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini sudah kami susun
dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga bisa
memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih
kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari segala hal
tersebut, Kami sadar sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi
materi maupun susunan kalimat dan tata bahasanya. Oleh karena itu kami dengan
lapang dada menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat
memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga
makalah tentang “Metode Greedy” ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.
Pontianak, 19 Desember 2018
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………….. .ii
DAFTAR
ISI……………………………………………………………….iii
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang…………………………………………………..1
B. Rumusan
Masalah……………………………………………….1
C. Tujuan…………………………………………………………...1
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metode Greedy……………………………………...2
B. Prinsip
Utama Metode Greedy………………………………….2
C. Skema
Umun……………………………………………………3
D. Masalah
yang Dapat Diselesaikan dengan Metode Greedy…….4
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………..7
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………..8
Penyelesaian:
M-W
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Di zaman yang serba
canggih seperti saat ini, computer merupakan kebutuhan dasar di bidang
kehidupan manusia. Komputer erat kaitannya dengan pemrograman. Di dalam
pemrograman itulah kita akan mengenal algoritma. Algoritma diartikan sebagai
langkah –langkah yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan yang ingin
diselesaikan oleh program. Untuk itu, algoritma dan pemrograman merupakan satu
kesatuan yang saling mempengaruhi sehingga membentuk suatu sistemyang terintegrasi.
Salah satu metode yang populer digunakan untuk memecahkan persoalan optimasi
dalam algoritma adalah metode greedy.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan metode greedy?
2.
Bagaimana implementasi dari metode greedy?
C.
Tujuan
1.
Mengidentifikasi pengertisn metode greedy.
2.
Mengidentifikasi implementasi dari metode
greedy.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Metode Greedy
Metode
Greedy merupakan algoritma yang membentuk solusi langkah per langkah dengan
mencari nilai maksimum sementara pada setiap langkahnya. Nilai maksimum
sementara ini dikenal dengan istilah local maximum. Pada kebanyakan
kasus, metode ini tidak akan menghasilkan solusi paling optimal, tetapi
biasanya metode ini memberikan solusi yang mendekati nilai optimum dalam waktu
yang cukup cepat. Greedy sendiri diambil dari bahasa inggris yang artinya rakus,
tamak atau serakah.
B.
Prinsip Utama Metode Greedy
Prinsip utama dari metode ini adalah “take
what you can get now!”. Maksud dari prinsip tersebut ialah pada setiap
langkah dalam metode greedy, kita ambil keputusan yang paling optimal untuk
langkah tersebut tanpa memperhatikan konsekuensi pada langkah selanjutnya.
C. Skema Umum Metode
Greedy
Metode greedy disusun oleh elemen-elemen
berikut:
1.
Himpunan kandidat
Berisi
elemen-elemen pembentuk solusi.
2.
Himpunan
solusi
Berisi
kandidat-kandidat yang terpilih sebagai solusi persoalan
3.
Fungsi
seleksi(selection function)
Memilih kandidat yang paling memungkinkan mencapai solusi
optimal.Kandidat yang sudah dipilih pada suatu langkah tidak pernah
dipertimbangkan lagi pada langkah selanjutnya.
4.
Fungsi
kelayakan(Feasible)
Memeriksa apakah suatu kandidat yang telah dipilih
dapat memberikan solusi yang layak,yakni kandidat tersebut Bersama-sama dengan
himpunan solusi yang sudah terbentuk tidak melanggar solusi,sedangkan kandidat
yang tidak layak dibuang dan tidak pernah di pertimbangkan lagi.
5.
Fungsi
obyektif
Fungsi yang memaksimumkan atau meminimumkan nilai
solusi (misalnya Panjang lintasan,keuntungan,dan lain-lain).
D.
Masalah yang Dapat Diselesaikan dengan Metode Greedy
Metode greedy dapat digunakan dalam penyelesaian
masalah-masalah berikut:
1.
Optimal Storage on Tapes Problem
Bagaimana
mengoptimalkan penyimpanan, agar data yang disimpan dapat termuat dengan
optimal.
Contoh
masalah:
Diketahui 3 program
yang akan disimpan dalam media penyimpanan dengan Panjang masing-masing 5, 10,
dan 3. Bagaimana proses penyimpanan yang optimal denganmetode greedy.
Penyelesaian:
1.
Tentukan
nilai panjang, waktu, dan waktu rata-rata
Ada 3 program, dimisalkan panjangnya
L1, L2, dan L3 dengan nilai L1=5, L2=10, dan L3=3
Waktu, disini tidak diketahui,
berarti dianggap waktu tidak mempengaruhi proses penyimpanan, berarti tidak ada
waktu rata-rata.
Berarti dalam kasus ini yang
berpengaruh hanya panjang dari setiap datanya.
2.
Urutkan
penyimpanan dengan menggunakan teknik faktorial sesuai dengan jumlah data.
Dari kasus diketahui jumlah data (n)
adalah 3, berarti kombinasi yang dibutuhkan adalah n!, yaitu 3!=3*2*1 = 6. Jadi
dibutuhkan 6 langkah dalam proses penyusunannya.
No
|
Order
|
D(L)
|
Total
|
1
|
1,2,3
|
5+(5+10)+(5+10+3)
|
38
|
2
|
1,3,2
|
5+(5+3)+(5+3+10)
|
31
|
3
|
2,1,3
|
10+(10+5)+(10+5+3)
|
43
|
4
|
2,3,1
|
10+(10+3)+(10+3+5)
|
41
|
5
|
3,1,2
|
3+(3+5)+(3+5+10)
|
29
|
6
|
3,2,1
|
3+(3+10)+(3+10+5)
|
34
|
Ket. No:1 : Order
1 = 5
Order 1, 2 =5+10
Order 1,2,3 = 5+10+3
Jadi Total Order 1,2,3 = 5+(5+10)+(5+10+3)
3.Dari nilai di atas didapat nilai minimal adalah
a.
Nilai terkecil pertama adalah 29, yaitu untuk posisi
penyimpanan urutan ke-3 pada posisi pertama
b.
Nilai terkecil kedua adalah 31, yaitu untuk posisi
penyimpanan urutan ke-1 pada posisi pertama
c.
Nilai terkecil
ketiga bukan 34 dan 38, sebab urutan penyimpanan pada
posisi ke-3 dan ke-1 sudah diwakili oleh 29 dan 31, sehingga untuk urutan ketiga adalah 41.
2. Knapsack
Problem
Bagaimana
cara menentukan pemilihan barang dari sekumpulan barang di mana setiap barang
tersebut mempunyai berat dan profit masing masing, sehingga dari pemilihan
barang tersebut didapatkan profit yang maksimum.
Contoh masalah:
Diketahui 3 barang yang akan disimpan pada suatu
tempat yang memiliki kapasitas maksimal sebesar 20 kg. berat masing-masing
barang adalah 18 kg, 15 kg, dan 20 kg dimana setiap barang memiliki profit
sebesar masing-masing 25, 24, dan 15.

n
= 3 -> objek (1,2,3) O 1 2 3 20-15=5
M
= 20 kg P 25 24 15 5- 5=0
W
= 18, 15, 10 W 18 15 10
P
= 25, 24, 15 P/W 1,39 1,6 1,5
Probabilitas
0 ≤ Xi ≤ 1 X 0 1 1/2
(X1 X2 X3)
Fungsi
pembatas:
∑Xi.Wi = 1.15
+ 1/2.10 = 15 + 5 = 20
Fungsi
tujuan:
∑Pi.Xi = 24.1 + 15.1/2 = 24 + 7,5 = 31,5
3. Minimum Spanning
Tree Problem
Permasalahan umum dari minimum spanning
tree adalah mencari minimum biaya (cost) spanning tree dari setiap ruas (edge)
suatu graph yang membentuk pohon (tree).
4. Shortest Path Problem
Adalah pencarian jarak terpendek dari suatu lokasi ke
lokasi lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Gunakan bahasa yang sopan please :)